Penyebab Jari Tangan Sering Nyeri dan Pegal

Penyebab jari tangan sering nyeri dan pegal – Nyeri atau pegal pada jari tangan biasanya sering dirasakan oleh orang dewasa atau lanjut usia. Meskipun demikian, bukan berarti kondisi ini tidak akan menimpa anak muda, lelahnya pekerjaan atau pun sibuknya aktifitas setiap hari dapat mempengaruhi kesehatan sendi setiap orang.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika kita mengetahui penyebab jari tangan sering nyeri dan pegal, tujuannya adalah supaya kita dapat mencegah dan mengobati kondisi ini sedini mungkin sebelum terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Pada umumnya, kondisi nyeri sendi dan pegal pada jari tangan disebabkan oleh penyakit rematik. Itulah yang kebanyakan orang tahu, padahal kondisi ini tidak hanya dipicu oleh penyakit rematik saja. Kondisi lain yang dapat menyenyebabkan nyeri pada sendi tangan adalah trigger finger, carpal tunnel syndrome, dan penyakit de Quervain. Kebanyakan ketiga penyakit ini lebih sering dirasakan oleh wanita.

Penyebab Jari Tangan Sering Nyeri dan Pegal

Berikut adalah penjelasan beberapa kondisi yang menjadi penyebab jari tangan sering nyeri dan pegal.

Rematik

Rematik adalah kondisi ketika terjadinya peradangan didalam tubuh yang diakibatkan karena adanya antibodi abnormal yang menyerang bagian tubuh sendiri. Gejala rematik yang paling sering dirasakan adalah pada bagian jari-jari tangan atau persendian kaki. Pada kebanyakan orang, kondisi ini akan menyerang sebanyakanya lebih dari tiga persendian, bahkan dapat terjadi pada kedua tangan secara bersamaan.

Perlu Anda ketahui, bahwa kondisi ini jarang sekali mengakibatkan nyeri pada satu sendi saja. Informasi lebih lengkap mengenai rematik dapat Anda lihat di halaman penyakit rematik.

Trigger Finger

Penyakit Trigger Finger adalah kondisi yang terjadi karena terjepitnya otot diarea telapak jari tangan. Gejala yang biasanya terjadi adalah nyeri  pada pangkal jari tangann, terlebih pada saat menggenggam. Mudah untuk melipat namun nyeri saat akan kembali diluruskan.

Berikut adalah beberapa penyebab yang mdapat memicu trigger finger atau meradangnya tendon, sebagai berikut:

  • Tegang karena gerakan yang berulang
  • Tekanan yang dirasakan jari atau jempol
  • Kondisi seperti reumatoid arthritis, diabetes, atau encok
  • Mengenggam objek dengan kuat dalam waktu yang lama
  • Trauma lokal pada telapak tangan atau pangkal pada jari yang sakit

Apabila Anda sering melakukan hal-hal diatas, maka tidak menutup kemungkinan Anda akan mengalami Trigger Finger. Secara tidak disadari bahwa kebiasan yang memicu Trigger Finger tersebut sering dilakukan, terutama yang melibatkannya dalam pekerjaan. Seperti pekerja keras yakni petani, dan hoby yang menyenangkan yaitu pemain musik. Oleh sebab itu, berhati-hatilah.

De Quervain

Berikutnya adalah penyakit De Quervain yang biasanya terjadi karena terjepitnya otot ibu jari tangan. Nyeri yang dirasakan adalah pada bagian pergelangan tangan disebelah atas pangkal ibu jari. Kondisi ini akan mengakibatkan penderita sakit untuk menggerakan tangan, terutama ketika menggenggam sesuatu.

Penyebab yang pasti dari De Quervain memang belum ditemukan, namun kondisi ini tetap dapat dipicu dengan kondisi yang banyak mengandalkan tangan seperti rutinitas sehari-hari.

Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Yang terkahir adalah Carpal Tunnel Syndrome (CTS), kondisi ini disebabkan karena telah terjepitnya saraf medianus di area pergelangan tangan. Biasanya akan menimbulkan gejala nyeri dan rasa tebal serta kesemutan. Namun, yang lebih menonjol adalah rasa tebal serta kesemutan pada ibu jari, telunjuk, jari tengah dan manis; jari kelingking bisanya tidak mengalami hal itu.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko terkena carpal tunnel syndrome, yaitu:

  • Faktor keturunan.
  • Cedera pada pergelangan tangan.
  • Kehamilan. Hampir setiap wanita hamil akan mengalami CTS. Namun, gejala ini akan menghilang sesaat setelah bayi lahir.
  • Pekerjaan berat dan berulang-ulang dengan memakai tangan, seperti mengetik, menulis, atau menjahit.
  • Kondisi medis lain, misalnya rheumatoid arthritis dan diabetes.

Itulah beberapa kondisi yang menjadi penyebab jari tangan sering nyeri dan pegal. Semoga dengan ini, kita dapat mencegah dan mengobati penyebab nyeri dan pegal jari tangan sedini mungkin.

Solusi terbaik untuk mencegah nyeri dan pegal jari tangan adalah dengan terus mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi tinggi. Informasi mengenai makanan dan minuman yang baik untuk tulang dapat Anda lihat dihalaman Makanan yang bagus untuk sendi.

Untuk mengatasi masalah peradangan sendi, pengeroposan tulang dan asam urat, kami rekomendasikan kepada Anda Obat Herbal G-Sea Jelly Gamat dan Gamat Emas Kapsul dari Walatra, obat ini 100% terbuat dari bahan alami dan sangat aman untuk dikonsumsi. Bahan dasar yang digunakan adalah teripang/gamat emas pilihan. Diproduksi menggunakan teknologi ekstraksi modern sesuai peraturan BPOM RI.

Rasio yang digunakan untuk produk ini adalah Rasio 2:1 dan 5:1, sehingga kandungan yang dihasilkannya menjadi lebih berkualitas dan lebih baik dibanding produk kompetitor.

Obat Herbal G-Sea Jelly Gamat dan Gamat Emas Kapsul dari Walatra ini dapat mengatasi masalah sendi, tulang dan asam urat dengan cara memberi nutirisi kalsium pada tulang dan sendi, serta mampu meningkatkan kekuatan otot di area tulang yang terluka.

Didalamnya terkandungan Zat Gamapeptide, zat tersebut memiliki khasiat untuk mengurangi rasa sakit dan mampu mengobati luka 3X lebih cepat, karena zat gamapeptide dapat meregenerasi sel didalam tubuh yang rusak. Serta mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh orang sakit.

Jika Anda membeli produk ini disini, tidak hanya kesembuhan yang bisa Anda dapatkan. Namun Anda juga bisa mendapatkan GRATIS 20 Botol Porduk Gamat Emas Asli dari kami. Untuk informasi lebih lanjut mengenai obat herbal ini, Anda bisa melihatnya dihalaman berikut ini, silahkan klik -> Obat Herbal Untuk Sendi dan Tulang.

BAYAR NANTI SETELAH BARANG DITERIMA
atau
JAMINAN UANG KEMBALI JIKA BARANG TIDAK SAMPAI

Cara pemesanan Triflex Capsule

Save

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*