Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Spondilitis Ankilosis

Anda harus mengetahui penyebab, gejala dan cara mengobati spondilitis ankilosis karena penyakit ini merupakan penyakit kronis dan biasanya sangat progresif untuk menyerang sendi sakroiliaka, apofisial, dan kostovertebal, termasuk jaringan yang berdekatan.

Spondilitis Ankilosis adalah penyakit reumatik inflamasi sistem kronik yang menyerang bagian sendi aksial (vetebra). Tanda dari penyakit ini adalah terserangnya bagian sendi sakroiliaka, sendi panggul, bahu dan ekstremitas pada stadium lanjut.

penyebab-gejala-dan-cara-mengobati-spondilitis-ankilosisPada umumnya spondilitis ankilosis ini berawal dari sendi sakroiliaka dan secara perlahan menyerang wilayah lumbar, toraks dan servikal pada tulang belakang. Deteriorasi tulang dan kartilago dapat menyebabkan pembentukan jaringan fibrosa dan akhirnya fusi antara tulang belakang dan sendi perifera.

Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Spondilitis Ankilosis

Sampai saat ini, penyebab dari spondilitis ankilosis masih belum diketahui dengan pasti, namun spondilitis ankilosis diperkirakan datang dari faktor genetik yang terlibat. Hampir dari setiap pasien yang menderita spondilitis ankilosis ini memiliki antigen HLA – B 27 positif.

Komplikasi TBC juga diperkirakan dapat menjadi penyebab penyakit ini yang karena penyebarannya secara hemotogen. Penyakit kronis yang terbilang progresif ini menyerang bagian sendi sakroiliaka dan sendi panggul serta bisa juga pada sendi-sendi sinovial di spiral.

Inti kuman pada penyakit ini biasanya menyerang dan merusak spinal-spinal lain melalui servukal. Menurut penelitian, proses fusi ini dapat terjadi setelah 10-20 tahun. Perlu diwaspadai karena penyakit ini bisa datang pada usia 10-30 tahun, dan akan terus progresif sampai usia setelah 50 tahun lebih pada laki-laki.

Gejala Spondilitis Ankilosis

Nyeri dan kaku pada pinggang
Gejala yang paling terlihat dari penyakit ini adalah nyeri dan kaku pada pinggang. Itulah sebabnya kita harus mengetahui tanda dari nyeri pinggang ankylosing spondylitis, sebagai berikut:

  • Rasa tidak nyaman pada pinggang sebelum usia 40 tahun.
  • Permulaannya insidious (perlahan-lahan).
  • Nyeri menetap paling sedikit selama 3 bulan.
  • Berhubungan dengan kaku pada pinggang waktu pagi hari.
  • Nyeri berkurang/membaik dengan olah raga.

Rasa sakit yang dirasakan adalah pada bagian dalam gluteus, rasa sakit yang dirasakan memang sangat sulit untuk ditentukan posisinya karena permulaan yang sangat samar.

Terkadang penderita akan merasakan nyeri yang hebat pada bagian sendi sakroiliaka yang menjalar pada bagian kista, iliaka atau pada daerah trochanter mayor, lalu berlanjut kebagian paha belakang.

Rasa sakit yang dirasakan akan semakin sakit pada waktu batuk, bersin atau melakukan gerakan memutar punggung yang tiba-tiba. Pada awalnya nyeri yang dirasakan tidak menetap, namun jika sudah terjadi sampai berbulan-bulan, nyeri yang dirasakan akan menetap dan menyerang secara bilateral disertai rasa kaku dan sakit pada bagian bawah lumbal.

Pada penyakit yang ringan, gejala akan timbul hanya di pinggang saja, namun setelah itu gejala akan bertambah pada daerah lumbal kemudian thorakal dan sampai pada daerah servikal.

Perlu Anda ketahui bahwa untuk mencapai daerah servikal, penyakit memerlukan waktu sampai 12-25 tahun. Penderita akan terus merasakan nyeri radikuler karena terserangnya vertebra thorakal atau servikal namun apabila sudah terjadi ankylose sempurna, keluhan nyeri akan menghilang.

Nyeri dada
Penderita akan merasakan nyeri dada dan biasanya nyeri akan bertambah jika penderita batuk atau bersin, kondisi ini menyerupai pleuritic pain.

Nyeri dada ini terjadi karena telah terserangnya persendian costovertebra dan costotranversum, sering kali akan merasakan nyeri yang menekan pada daerah costosternal. Kondisi nyeri dada ini sering kali ditemukan pada penderita dengan HLA-B27 positif meski secara radiologis tidak tampak adanya kelainan sendi sakroiliaka.

Nyeri tekan
Nyeri ini dapat dirasakan pada daerah tertentu, kondisi nyeri tekan terjadi akibat enthesitis, yakni reaksi inflamasi yang terjadi pada inserasi tendon tulang.

Biasanya nyeri ini akan dijumpai pada daerah sambungan costosternal, prosesus spinosus, krista iliaka, trochanter mayor, ischial tuberosities atau tumtit (achiles tendinitis atau plantar fasciitis). Pada pemeriksaan radiologis terkadang dapat ditemukan pada bagian osteofit.

Persendian
Inilah kondisi yang paling sering terasa dan yang paling sering terserang. Keluhan ini bisa juga terlihat pada anak-anak berusia 8-10 tahun yang terutama dengan HLA-B27 positif atau titer ANA negatif. Sendi lutut juga sering terserang, dengan manifestasi efusi yang intermitten. Selain itu sendi temporomandibularis juga dapat terserang (10%).

Cara Mengobati Spondilitis Ankilosis

Untuk mengatasi masalah peradangan sendi, pengeroposan tulang dan asam urat, kami rekomendasikan kepada Anda Obat Herbal G-Sea Jelly Gamat dan Gamat Emas Kapsul dari Walatra, obat ini 100% terbuat dari bahan alami dan sangat aman untuk dikonsumsi. Bahan dasar yang digunakan adalah teripang/gamat emas pilihan. Diproduksi menggunakan teknologi ekstraksi modern sesuai peraturan BPOM RI.

Rasio yang digunakan untuk produk ini adalah Rasio 2:1 dan 5:1, sehingga kandungan yang dihasilkannya menjadi lebih berkualitas dan lebih baik dibanding produk kompetitor.

Obat Herbal G-Sea Jelly Gamat dan Gamat Emas Kapsul dari Walatra ini dapat mengatasi masalah sendi, tulang dan asam urat dengan cara memberi nutirisi kalsium pada tulang dan sendi, serta mampu meningkatkan kekuatan otot di area tulang yang terluka.

Didalamnya terkandungan Zat Gamapeptide, zat tersebut memiliki khasiat untuk mengurangi rasa sakit dan mampu mengobati luka 3X lebih cepat, karena zat gamapeptide dapat meregenerasi sel didalam tubuh yang rusak. Serta mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh orang sakit.

Jika Anda membeli produk ini disini, tidak hanya kesembuhan yang bisa Anda dapatkan. Namun Anda juga bisa mendapatkan GRATIS 20 Botol Porduk Gamat Emas Asli dari kami. Untuk informasi lebih lanjut mengenai obat herbal ini, Anda bisa melihatnya dihalaman berikut ini, silahkan klik -> Obat Radang Sendi Tulang Terbaik.

BAYAR NANTI SETELAH BARANG DITERIMA
atau
JAMINAN UANG KEMBALI JIKA BARANG TIDAK SAMPAI

2 Replies to “Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Spondilitis Ankilosis”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*