Penyakit Rematik, Gejala , dan penyebabnya.

Obat radang sendi Penyakit Rematik sudah di kenal sejak lama , dan sampai sekarang masih banyak menyerang penduduk dunia. Lebih dari 355 juta jiwa penduduk dunia menderita rematik. Artinya , satu dari enam orang di dunia menderita rematik . Angka yang di perkirakan akan terus meningkat hingga 2025 dengan indikasi 25% mengalami kelumpuhan .

Rematik merupakan penyakit yang dapat berujung pada bahaya karena ketika telah mencapai tingkat kronis nya rematik dapat menjadi salh satu penyebab kelumpuhan pada anggota gerak pada tubuh penderita .

Pengertian Penyakit Rematik

Rematik merupakan penyakit yang menyerang anggota gerak yaitu sendi , otot, tulang dan jaringan sekitar sendi . Keluhan yang sering muncul adalah nyeri, kaku, bengkak sampai keterbatasan gerak tubuh.Nyeri pada rematik hampir sama pada saat keseleo . namun, pada rematik disertai peradangan pada persendian dan kulit terlihat memerah akibat munculnya peradangan .

Penyebab rematik sampai saat ini belum di ketahui , namun di duga di picu oleh kombinasi berbagai faktor , termasuk kerentanan genetik , infeksi virus atau perubahan hormon. perempuan lebih mungkin terkena penyakit rematik di bandingkan laki laki . Pada wanita yang sudah terkena rematik , kehamilan dan menyusui dapat memperburuk kondisi nya .
Rematik sering disebut dengan rheumatismos , rhuematism , reumatik atau rematik yang secara sederhana bisa di artikan sebagai kondisi kerusakan sendi akibat tidak lancarnya proses perbaikan secar terus menerus dalam sendi tersebut.

Keadaan tersebut akan semakin parah dengan hadirnya cairan yang sianggap jahat yang mengalir dari otak sendi dan stuktur lain di dalam tubuh . Karenanya , para ahli kedokteran memasukan penyakit ini dalm kelompok penyakit pada sendi atau reumatologi.

Dalam istilah kedokteran ini pula, rematik lebih sering disebut dengan keadaan yang selalu di sertai rasa nyeri dan kaku pada sistem tulang otot dan terjadinya penyakit pada jaringan ikat. bisa juga di katakn sebagi penyakit yang menyerang sendi , otot dan jaringan tubuh.

Rematik memiliki tiga keluhan utama nyeri sendi dan lat gerak , terasa kaku dan lemagh .keluhan tersebut disertai dengan tiga tanda yaitu sendi bengkak , otot lemah, dan gangguan otak.

Sekitar 90% penderita rematik adalah orang yang berusia diatas 60 tahun. jika usia kita telah melewati 50 tahun , sebaiknya janagn terlalu banyaakb melakukan aktivitas yang membebani anggota badan . penderita rematik yang berbadan gemuk sebaiknya menurunkan berat badan anda agar beban lutut tidak terlalu berat.

Penyebab rematik sangat bervariasi.Umum nya di pengaruhi oleh masalah autoimun yaitu sistem kekebalan tubuh berbalik menyerang jaringan persendian . akibatnya, tulang rawan di sekitar sendi menipis . Sebagai gantinya, muncullah tulang baru. disaat tubuh bergerak , tulang tulang di persendian bersinggungan,Kejadian inilah yang memicu rasa sakit dan nyeri yang tak tertahankan .

Penyebab Penyakit Rematik

Rheumatic adalah penyakit yang menyerang tulang. Biasanya rematik akan semakin parah apabila terkena udara dingin. ada 2 golongan penyebab terjadinya rematik :

  • Kebiasaan hidup yang tidak teratur

Kebiasaan nya yang tidak teratur dapat melukai energi di dalam darah . hal tersebut disebabkan karena bekerja dalam lingkungan yang lembab , memaki baju basah berkeringat atau basah kehujanan yang menyebabkan masuknya penyebab penyakit dari luar seperti : angin , lembab, dan udara dingin ke dalm tubuh , yang mengakibatkan terjadi penyumbatan energi dalam tubuh.

  • Sudah ada penyakit yang mengendap dalam tubuh

Penyebab penyebab yang telah disebut di atas apabila mengendap lam di dalm tubuh maka akan menyebabkan encok juga, karena penyebab penyebab tersebut lam kelamaan akan menjadi panas dan panas inilah yang menyumbat energi darah sehingga darah tidak lancar.

Gejala penyakit rematik :

  • Bengkak pada satu atau lebih dari sendi tubuh.
  • Terjadi kekakuan di sekitar sendi
  • Timbul rasa sakit terus menerus atau berulang, yang dialami tanpa penyebab jelas.
  • Sendi tampak memerah dan hangat  saat di sentuh
  • Kesulitan untuk bergerak dengan tiba tiba

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*