Penyakit Osteoporosis ,Gejala dan Penyebabnya.

Sebelumnya terimaksih sudah berkunjung ke website kami semoga apa yang kami sampaikan menjadi ilmu yang bermanfaat, nahh kemarin kita membahas tentang Radang Sendi Lutut kali ini saya akan membahas tentang Penyakit Osteoporosis , Penyebab dan Gejalanya .

Mengenal Penyakit Osteoporosis

osteoporosisOsteoporosis merupakan penyakit yang menyerang tulang biasa juga disebut dengan tulang keropos. Penyakit ini mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang.

Secara bahasa , osteoporosis berarti lubang di dalam tulang. menurut WHO (1994) osteoporosis adalah penyakit tulang sistemik yang ditandai dengan penurunan kualitas dan kepadatan masaa tulang , sehingga menyebabkan tulang menjadi rapuh dan resiko patah tulang.

Osteoporosis  hampir tidak memiliki gejala dan menyerang secara diam-diam atau biasa disebut silent desease sehingga penyakit ini dikatakan sebagai penyakit licik.

Turunnya kepadatan tulang merupakan salah satu bentuk dari proses penuaan tubuh Osteoporosis adalah kondisi saat kualitas kepadatan tulang menurun . komdisi ini membuat tulang menjadi keropos dan rentan retak.

Di indonesia sebanyak 23 % wanita berusia 50-80 tahun dan 53% wanita berusia wanita berusia 70-80 tahun mengidap osteoporosis . Risiko wanita mengidap osteoporosis 4 kali lebih besar di bandingkan dengan resiko pada pria.

Meski umunya osteoporosis dialami oleh wanita yang telah menopause , osteoporosis juga dapat memengaruhi pria ,wanita yang berusia muda , dan anak anak .kekurangan kalsium di perkirakan menjadi penyebab banyak kasus osteoporosis di indonesia .

Gejala Osteoporosis

Osteoporosis terjadi secara bertahap dalam beberapa tahun tanpa di iringi gejala yang jelas. kondisi ini biasanya baru terdeteksi setelah seseorang mengalami keretakan tulang.
Dengan osteoporosis, tulang menjadi keropos dan rentan akibat berkurang nya kepadatan tulang. jika anda mengidap penyakit ini, terbentur atau terjatuh dari posisi duduk atau berdiri , maka tulang anda beresiko untuk retak .

Osteoporosis umumnya tidak menimbulkan rasa sakit kecuali jika terjadi keretakan tulang jika anda merasakan sakit punggung yang berkelanjutan dalam jangka panjang,ini bisa saja gejala osteoporosis . kondisi ini juga dapat memengaruhi pernapasan anda akibat terbatas nya ruang untuk paru paru mengembang.

Gejala osteoporosis yang dapat terlihat jelas adalah postur punggung bungkuk yang sering terlihat pada orang yang berusia lanjut . postur ini terjadi karena pengeroposan pada tulang belakang yang membuat tulang punggung sulit untuk menahan berat tubuh.

Cedera yang umum terjadi pada penderita osteoporosis adalah keretakan pada tulang punggung, tulang pangkal paha , dan pergelangan tangan.Keretakan tulang pada orang lanjut usia bisa menjadi masalah serius , tergantung pada bagian tubuh manakah keretakan tersebut terjadi.kebebasan bergerak bisa terhambat dan bahkan bisa berujung pada kelumpuhan permanen. dalam kasus osteoporosis yang parah, batuk atau bersin ringan saja dapat menyebabkan keretakan pada tulang rusuk atau salah satu bagian dari tulang belakang. gejala gejala yang terjadi diantaranya :

  • Nyeri punggung bagian bawah
  • Kehilanagan tinggi badan sepanjang waktu disertai badan membungkuk
  • Patah tulang terjadi saat terjatuh atau kecelakaan yang tidak serius

Penyebab Osteoporosis

  • Tidak mengalami siklus haid untuk wanita dalam waktu lama (lebih dari enam bulan ) akibat olahraga atau diet yang berlebihan
  • Mengalami menopause dini ( sebelum usia 45 )
  • Menjalani histerektomi ( operasi pengangkatan rahim ) sebelum usia 45 terutama jika kedua ovarium juga di angkat.
  • Mengkonsumsi minuman keras berlebihan
  • Konsumsi obat obatan seperti glukokortikoid
  • Kondisi yang menyebabkan kadar testosteron lebih rendah dari kadar normal.
  • kekurangan konsumsi kalsium
  • merokok
  • Riwayat orang tua yang pernah mengalami retak tulang pangkal paha atau mengidap osteoporosis
  • Ketidakmampuan usus untuk menyerap nutrisi di dalam makanan seperti dalam penyakit coealiac dan crochn
  • Tidak berolahraga atau aktif bergerak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*