Penyakit Fraktur Collum Femur

Penyakit Fraktur Collum Femur ,- Tulang mempunyai banyak fungsi yaitu sebagai penunjang jaringan tubuh, pelindung organ tubuh, memungkinkan gerakan dan berfungsi sebagai tempat penyimpanan garam mineral namun fungsi tersebut biasa saja hilang dengan terjatuh , benturan atau kecelekaan .

Fraktur atau patah tulang adalah terputusnya kontinuitas jaringan tulang dan atau tulang rawan yang umumnya disebabkan oleh rudapaksa. di tentukan sesuai jenis dan luasnya. Fraktur collum femur adalah fraktur yang terjadi pada collum tulang femur.

fraktur 'Collum femur adalah tempat yang paling sering terkena pada manulla sebagian besar adalah wanita berusia 60 tahun ke atas dan kaitnya dengan osteoporosis demikian nyata sehingga insiden fraktur columna femur digunakan sebagai ukuran osteoporosis yang berkaitan denagn umur dalam pengkajian dalam kependudukan.Namun hal ini bukan semata mata akibata penuaan , fraktur cenderung terjadi pada penderita osteopenia di atas rata rata banyak diantaranya mengalami kelianan yang menyebabkan keghilangan dan kelemahan jaringan tulang misalnya osteomalcia , diabetes melitus , stroke m alkoholisme , dan penyakaiat kronis lain nya .

Kecelakaan merupakam suatu keadaan yang tidak di inginkam biasanya terjadi mendadak dan bisa mengenai semua umur . Fraktur collum femur merupakan jenis faktur yang sering di temukan . tetapi dalam penanganannya masih banayak masyarakat yang berobat ke alternatif , akan tetapi kenyataan nya tidak semua orang berhasil dengan pengobatan alternatif tersebut sehingga mengakibatkan keadaan yang lebih buruk atau terjadinya komplikasi seperti mual union , non union ataupun delayed union , pada akhirnya keadaan tersebut mendorong orang untuk berobat ke RS.

Faktur femur dapat terjadi pada beberapa tempat diantaranata kolum femoris, trokhanter , batang femur, suprakondiler, kondiler dan kaput.

Fraktur juga sering di ikuti oleh kerusakan jaringan lunak dengan berbagai macam derajat, mengenai pembuluh darah , otot dan persarafan . Dengan bertambahnya usia , angka kejadian fraktur femur meningkatakan secara eksponensial . meskipun dapat di pulihkan dengan operasi fraktur femur menyebabkan peningkatan biaya kesehatan.

Sampai saat ini , faktur femur makin sering di laporakan dan masih tetap menjadi tantangan bagi ahli orthopaedi . Walaupun penatalaksanaan di bidang orthopaedi dan geriatri telah berkembang akan tetapi mortaliatas dalam satu tahun pasca trauma masih tetap tinggi, berkisar antara 10 sampai 20 persen . sehingga keinginan untuk emngembangakan penanagnana fraktur ini masih tetap tinggi. Penatalaksanaan fraktur femur yang tidak di kontrol dengan baik , dapat menyebabkan peningkatan kemungkinan terjadinya avaskular nekrosi.

 

Penyebab Fraktur Collum Femur

  • Trauma langsung benturan pada tulang mengakibatkan fraktur di tempat tersebut
  • Trauma tidak langsung tulang dapat mengalami fraktur pada tempat yang jauh dari area benturan .
  • Fraktur patalogis : Fraktur yang disebabkan trauma yang minimal atau tanpa trauma .Contoh faktur patalogis : osteoporosis , penyakit metabolik , infeksi tulang dan tumor tulang

Gejala gejala fraktur collum femur

  • Nyeri terus menerus dan bertambahnya beratnya sampai tulang di mobilisasi.
  • Deformitas disebabkan karena pergeseran fragmen pada fraktur lengan atau tungkai
  • Pemendekan tulng terjadi karen akontrakasi otot yang melekat di atas dan bawah tempat fraktur
  • Krepus, teraba akibat gesekan anatara fragmen satu dengan yang lain nya.
  • Pembengkakan lokal dan perubahan warna lokal pada kulit terjadi sebagi akibat trauma dan gangguan sirkulasi yang mengikuti faktur .

Fraktur terdiri dari beberapa jenis diantaranya yaitu :

  • Fraktur komplit adalah patah pada seluruh garis tengah tulang dan biasanya mengalami pergeseran
  • Fraktur tidak komplit adalah patah hanya terjadi pada sebagian dari garis tengah tulang
  • Fraktur tertutup tidak menyebabkan robeknya kulit
  • Fraktur terbuka merupakan fraktur dengan luka pada kulit atau membrana mukosa sampai kepatahan tulang.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Obat Radang Sendi

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*