Mengatasi Masalah Penyakit Frozen Shoulder

Tentang Penyakit Frozen Shoulder

frozen 'Frozen shoulder merupakan penyakit yang mengakibatkan rasa nyeri dan membatasi gerak tubuh kita, penyakit ini biasanya di alami oleh orang yang berusia lanjut atau bisa juga dialami oleh orang yang pernah trauma.

Penyebab dari penyakit ini belum diketahui pasti karena penyakit ini di duga merupakan respon auto immobization terhadap hasil hasil rusaknya jaringan lokal.selain dari dugaan respon auto immobization ada juga faktor predisposisi lain nya yaitu trauma berulang , usia, kelumpuhan , diabetes melitus , pasca operasi payudara atau dada dan infark miokardia , dari dalam sendi glenohumeral atau kelainan ekstra articular.

Penyakit ini akan semakin memburuk di kala malam hari dan cuaca yang dingin mengakibatakan mengganggu aktivitas tidur kita.

Gejala Penyakit Frozen  Shoulder

Gejala utama yang terjadi adalah nyeri pada bagian bahu . Nyeri yang dirasakan biasanya bersifat tumpul , bukan bersifat tajam. nyeri akan seamkin menjadi apabila bahu yang terkena dib gerakkan lingkup gerak pun akna terbatas . Nyeri terlokalisir bahu bagaina luar terkadang bisa menjalar hingga lengan dan tanagan pada sisi yang sama.

Baca juga: Obat radang sendi herbal

Tanda dan gejala yang di rasakan biasanya di mulai secara bertahap dan lama kelamaan menjadi memburuk. penyakit ini biasanya dapat sembuh dalam jangka waktu satu atau dua tahun .

Gejala umum yang sering dirasakan diantaranya :

  • Adanya nyeri
  • Pembatasan luas gerak sendi
  • Penurunan kekuatan otot
  • Adanya Spasme
  • Gangguan Fungsional
  • Adanya KOntraktur
  • Adanya atropi

Frozen Shoulder biasanya berkembang perlahan lahan dan berlangsung dalam tiga tahap masing masing dari tahapan dapat berkembang dalam beberapa bulan

  • Tahap pertama yaitu tahap menyakitkan, selam tahap ini rasa nyeri yang terjadi ketika setiap anda menggerakan bahu dan merentangkan gerak bahu anda mulai menjadi terbatas.
  • Tahap kedua yaitu tahap beku . rasa nyeri yang ada mungkin terasa sedikit kurang dalam tahap ini tetapi bahu anda menjadi kaku dan rentang gerak semakin berkurang
  • Tahap yang ketiga yaitu tahan pencairan , selama tahap ini jangkauan gerak di bahu anda mulai membaik

Penyebab Penyakit Frozen Shoulder

Ligamen , tulang dan tendon yang membentuk sendi bahu anda terbungkus dalam suatu kapsul jaringan ikat . Bahu menjadi beku terjadi ketika kapsul di sekitar sendi bahu ini mengental dan mengencangkan , sehingga membatasi gerakannya.

Penyakit ini bisa saja di alami oleh orang yang baru saja mengalami imobilisasi bahu seperti setelah operasi atau patah tulang lengan .

Faktor Resiko Penyakit Frozen Shoulder

Meskipun penyebab utama dari penyakit ini belum diketahui pasti tetapi ada faktor faktor tertentu yang dapat emningkatakan risiko bahu anda menjadi beku :

  • Usia Dan jenis kelamin

Orang orang yang berusia lanjut sekitar umur 40 tahunan atau lebih memiliki resiko lebih besar terkena penyakit ini. Kebanyakan orang yang menderita penyakit ini atau sebagian besar yang terjangkit penyakit ini adalah perempuan

  • Imobilitas atau pengurangan mobilitas

Orang orang yang mengalami imobilitas berkepanjangan (berlarut larut ) atau pengurangan mobilitas pada bahu mereka memiliki resiko lebih besar terkena penyakit ini , imobilitas dihasilkan dari banyak faktor diantaranya :

  1. Pemulihan pasca operasi
  2. Stroke
  3. Patah lengan
  4. Cedera pada rotator cuff ( sendi putar )
  • Penyakit Sistemik

Orang orang yang mengalami masalah medis tertentu tampak nya cenderung mengembangkan bahu beku Contohnya :

  1. Tiroid yang terlalu aktif
  2. Penyakit kardiovaskular
  3. Tuberkolosis
  4. Penyakit Parkinson
  5. Diabetes
  6. Tiroid yang kurang aktif

Baca juga artikel menarik lain nya KLIK DISINI

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*