Keseringan Mandi Malam Hari Bisa Bikin Rematik, Mitos Atau Fakta ?

Penyakit rematik, siapa orang yang tidak tahu dengan penyakit yang satu ini ? sebuah penyakit yang menyerang persendian ini bisa menyebabkan penderitanya mengalami rasa sakit di seluruh tubuhnya. Penyababnya ialah karena adanya sebuah penyakit di dalam tubuh yang tadinya memang sudah ada. Tapi tahukah anda bahwa penyakit rematik ini bisa terjadi karena disebabkan “Mandi Di Malam Hari” ?

Mandi Di Malam Hari Bisa Menyebabkan Penyakit Rematik ?

Nah untuk itulah obatradangsenditulang.com ini akan mencoba menjawab semua pertanyaan anda, jadi simak baik-baik ya..! Tidak jarang memang telinga kita sering mendengarkan orang atau bahkan orang tua memperingatkan untuk “Jangan mandi malam-malam, nanti kena rematik“. Apa benar bisa memicu penyakit ini ? Banyak orang yang bertanya-tanya apakah ini hanya sebuah mitos belaka yang sudah digunakan dari jaman orang tua dulu atau memang fakta sebenarnya ?

obat radang sendi tulangMandi memang merupakan sebuah kebutuhan primer manusia selain sandang, papan dan pangan. Kebutuhan mandi pada setiap individu ini juga berbeda-beda, tergantung pada katifitas dan kegiatan yang tengah dilakukannya. Ada orang yang mandinya ini teratur (pagi dan sore) namun tak jarang juga banyak orang yang mandi pada saat malam hari (mungkin karena faktor kesibukan). Kadang muncul kekhawatiran pada diri setiap orang untuk mandi di malam hari, hal ini dikarenakan adanya sebuah stigma di masyarakat yang menyebutkan bahwa mandi di malam hari ini bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit rematik.

Dan ternyata perkataan yang menyebutkan mandi di malam hari bisa menyebabkan rematik tersebut adalah “Mitos” karena memang sampai saat ini belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa mandi di malam hari bisa menyebabkan rematik. Hanya saja memang ketika sedang mengalami rasa ngilu setelah mandi sebaiknya jangan mandi malam. Air hangat disarankan untuk mengurangi rasa sakit pada persendian, yang artinya bahwa anda tetap bisa mandi di malam hari, hanya saja lebih disarankan memakai air hangat jangan memakai air yang dingin.

Penjelasan Yang Tepat Tentang Penyakit Rematik

Perlu dijelaskan sebelumnya, bahwa penyakit rematik ini merupakan sebuah penyakit yang terjadi ketika persendian mengalami sebuah peradangan. Ada ratusan jenis rematik yang telah ditemukan, yang paling umum terjadi adalah rheumatoid arthritis, jenis lain seperti systemaic lupus erythematosus, ankylosing spondylitis dan gout arthritis.

obat nyeri sendiRematik ini sendiri terjadi akibat sistem kekebalan tubuh manusia yang menyerang tubuhnya sendiri. Artinya, mereka justru melakukan kebalikan dari tugasnya untuk menjaga tubuh dari penyakit. Penyakit ini juga dikatakan sebagai penyakit autoimun, penderita akan merasakan nyeri pada persendian bagian sendi yang terkena. Nah, itu menjelaskan bahwa mandi di malam hari itu, tidak mungkin menyebabkan rematik, namun tetap ketika terasa linu sesudah mandi sebaiknya pakai air hangat jangan air dingin.

Pembuktian Penyebab Rematik Oleh Para Ahli

Untuk membuktikan secara lebih lanjut mengenai kekeliruan yang telah lama beredar dan hinggap di dalam benak masyarakat, para dokter ahli mengatakan bahwa hingga detik ini belum ditemukan kepastian penyebab dari penyakit rematik ini. Namun, dugaan yang sering kali muncul  adalah keinginan genetik sebagai pemicunya. Orang dengan usia 20-45 tahunlah yang kerap menjadi sasarannya, dan memang itu adalah fakta yang sebenarnya.

Sebenarnya ada faktor luar lain ataupun yang bersifat degeneratif yang membuat banyak orang terkena penyakit persendian ini, jadi bukan hanya dikarenakan proses autoimun tadi. Karena berkaitan erat dengan sistem imun, maka jelas sekali bahwa masalah utama penyakit rematik ini terdapat di dalam peredaran darah, yang pada akhirnya mampu menangkis dan mematahkan segala pernyataan atau spesifikulasi di tengah masyarakat kita, bahwa rematik ini disebabkan oleh mandi di malam hari, terutama dengan air dingin.

Nah, jadi untuk anda semua apakah sudah jelas ? ternyata mandi di malam hari atau sering mandi di malam hari ini tidak akan menyebabkan rematik. Hanya saja para ahli menyarankan untuk tidak menggunakan air dingin melainkan air hangat ketika mandi di malam hari.

Untuk itu semoga bermanfaat dan semoga bisa menjawab rasa penasaran anda tentang mandi di malam hari yang bisa menyebabkan rematik ini. Terima kasih banyak sebelumnya karena telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Terus ikuti artikel menarik lainnya dari kami, semoga anda puas dengan artikel yang kami buat ini. Dan jika anda puas, tentunya saya berharap bisa di share-kan kepada semua orang, agar mereka tahu bahwa mandi di malam hari ini tidak menyebabkan rematik….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*