Gejala dan penyebab radang sendi

sendiTentunya anda pasti sudah tidak asing dengan yang nama nya radang sendi karena radang sendi sudah menjadi penyakit umum di kalangan manula atau orang yang lanjut usia tetapi tidak hanya di kalangan orang tua saja melainkan ditemukan pada kelompok usia muda.Radang sendi merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang persendian. penyebab radang sendi merupakan pemicu utama dari terjadinya radang sendi atau bisa di bilang faktor yang sangat berpengaruh sering terjadinya radang sendi . radang sendi merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa di bilang mengganggu untuk kesehatan kita tentunya , dan khusus nya adalah sistem pergerakan kita. bila sistem gerak kita terganggu maka kita akan menemukan kesulitan dalam aktivitas kita sehari hari dalam bekerja, olahraga , dan sebagainya.

Radang sendi merupakan suatu jenis peradangan yang terjadi pada sendi merupakan penyakit yang di sertai dengan gejala gejala yang biasa sangat mengganggu aktivitas keseharian.kasus radang sendi sudah tercatat sekitar lebih dari 10% populasi penduduk dunia yang terkena penyakit ini.

Penyakit radang sendi sebenarnya adalah penyakit yang lazim menimpa orang berusia lanjut. namun seiring dengan perubahan gaya hidup , penyakit yang sering disebut dengan pengapuran ini juga ditemukan pada kelompok usia muda.

Tanda tanda dan gejala radang sendi ,berikut dapat di lihat :

  • Rasa sakit, kekakuan , atau kesulitan bergerak bersama yang dapat di rasakan dalam 1 atau lebih sendi. rasa sakit dapat lebih buruk dengan berlebihan dan mungkin terjadi pada malm hari. dengan kemajuan radang sendi ini , rasa sakit dapat terjadi pada saat istirahat.
  • Pembesarna tulang di ujung jari ( tanda awal ) yang umum . ini disebut node heberden . mereka biasanya tidak menyakitkan . kadang kadang mereka dapat berkembang tiba tiba dan menyakitkan bengkak dan merah . hal ini dikenal sebagai osteoarthritis nodal dan terjadi pada wanita yang lebih tua dari 45 tahun.
  • Sendi pinggul yang menahan beban besar . keterlibatan pinggul dapat di lihat lebih pada pria. petani, pekerja kontruksi,dan pemadam kebakaran telah di temuakn memiliki peningkatan insiden osteoarthritis pinggul. para peneliti berpikir bahwa beban kerja fisik yang berat memberikan kontribusi untuk OA panggul dan lutut.
  • Lutut juga sendi menahan beban besar. berulang berjongkok dan berlutut dapat mengakibatkan radang sendi.
  • Bentuk tubuh wanita juga di tengarai lebih mudah mengalami radang sendi ketimbang pria . merajuk hasil sebuah penelitiaan , tubuh wanita yang lebih lebar di bagian pinggul menyebabkan penumpukan lemak banyak terjadi di bagian ini  dampak nya tulang kaki harus menopang beban lebih berat . karena itupula , dalam kondisi yang sama , peradangan sendi sering di alami mereka yang memiliki berat badan berlebih.
  • Peradangan sendi juga bisa di sebabkan riwayat imobilisasi atau kurang nya gerak tubuh, atau justru stres panjang akibat gerak tubuh berlebih seperti pada olahragawan . penyakit ini di duga juag berkaitan dengan ras, keturunan , dan sistem metabolik tubuh . peradangan sendi bisa pula disebabkan trauma menahun pada sendi bahkan dari  jenis trauma minor sekalipun , seperti sering nyeletek – nyeletekin jari.
  • Rasa nyeri yang mendalam
  • Kesulitan memakai bju atau menyisir rambut
  • Kesulitan mencengkram benda
  • Kesulitan duduk atau membungkuk
  • Sendi terasa hangat saat di sentuh
  • Nyeri saat berjalan
  • Kehilangan gerak pada sendi

Penyebab radang sendi, diantaranya sebagai berikut : 

1. Cedera
Cedera dapat menyebabkan tulang rawan di sekitar sendi menjadi rusak . dan lama kelamaan terutama sendi yang menanggung beban berat tubuh seperti lutut akan membuat kerusakan tulang rawan semakin parah dan akibatnya terjadi radang yang mengakibatkan sakit di sendi lutut.

2. Berat badan
Pada orang dengan tubuh berat badan lebih dan kurang asupan nutrisi yang baik maka beban tubuh akan menekan sendi lutut secara berlebihan setiap hari dan ketika jaringan tulang rawan mulai rusak dan recovery nya terlambat di banding kerusakan nya maka akan timbul kerusakan lebih parah tiap harinya .

3.Usia
Kebanyakan penderita radang sendi adalah orang lanjut usia diatas 50 tahun karena recovery tubuh untuk sel sel di tulang rawan telah berkurang produktifitasnya, akibatnya kerusakan akan bertambah terus , karena itu sebaiknya orang tua tetap mengkonsumsi asupan nutrisi yang baik untuk mempercepat recovery tulang rawan yang aus

4.Asam urat
Asam urat terjadi ketika purin tidak dapat  diolah oleh tubuh sehingga malah menjadi kristal atau butiran asam urat.butiran asam urat ini terbawa arus darah dan akhirnya diam di dalam sendi . lama kelamaan akan mengganggu dan merusak jaringan sendi sehingga timbul lah peradangn di sekitar sendi

5. Penyakit autoimun
Penyakit auto imun dalam hal oini rhematois arthitis adalah sistem kekebalan tubuh yang mengenali salah satu protein sebagai penyusup asing atau virus sehingga harus di serang.dan karena itu menyerang saringan tulang rawan di sendi sehingga  terjadi kerusakan dan menyebabkan radang.

Akibat dari penyebab  penyebab tadi di atas bila di biarkan berlarut larut maka kerusakan sendi akan semakin parah dan menyebabkan rasa sakit semakin hebat disertai demam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*